Open Conference Systems, The 1st International Conference on Advanced Information Technology and Communication (IC-AITC)

Font Size: 
RANCANG BANGUN APLIKASI GAME EDUKASI PENGENALAN TOKOH PAHLAWAN REVOLUSI BERBASIS ANDROID (STUDY KASUS SD NEGERI 1 RAWA LAUT BANDAR LAMPUNG)
habib syarrobbi akbar

Last modified: 2021-07-10

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan suatu aplikasi Rancang BangunAplikasi Game Edukasi Pengenalan Tokoh Pahlawan Revolusi Berbasis Android (Study Kasus Sd Negeri 1 Rawa Laut Bandar Lampung) yang dapat dijadikan sarana alternatif siswa dalam memperkenalkan nama-nama tokoh Pahlawan Revolusi, mengetahui kualitas perangkat lunak terhadap standar ISO 25010 dari aspek functionality dan usability.

Tahapan penelitian dan perancangan dalam penelitian ini mengadopsi model MDLC (Multimedia Development Life Cycle), dan pengujian. Pengujian kualitas functionality dilakukan dengan observasi pada aplikasi oleh beberapa pengguna ahli dan Pengujian usability menggunakan metode kuesioner dengan System Usability Scale (SUS).

Berdasarkan hasil pengujian aspek kualitas diketahui aspek functionality dinyatakan lolos karena setiap fungsi dapat berjalan dengan baik dan hasil rata-rata nilai SUS sebesar 73 (Good).

 

Kata kunci : aplikasi Ujian Sekolah, Kualitas Perangkat Lunak, ISO 25010.


Conference registration is required in order to view papers.